--> Skip to main content

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit

Penumpukan lemak di perut dapat mempengaruhi penampilan dan mengganggu kesehatan. Perut buncit seperti itu merupakan akibat dari penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit. Tanpa disadari, banyak kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat dan menyebabkan masalah ini.


1. Mengunyah Terlalu Cepat

Tahukah Anda bahwa kebiasaan mengunyah yang terburu-buru dapat membuat kebuncitan perut dan obesitas. Sinyal lapar dari perut ke otak membutuhkan waktu. Otak membutuhkan sekitar 20 menit untuk memproses ini. 

Jika Anda mengunyah terlalu cepat, tubuh mengkonsumsi lebih banyak makanan dalam 20 menit. Kebiasaan ini dapat menyebabkan makan berlebihan dan menyebabkan perut kembung karena keterlambatan penerimaan sinyal kenyang kembali ke otak. 


2. Makan Saat Emosi

Kebiasaan makan saat merasa emosi ternyata menjadi penyebab buncitnya perut. Makan saat sedang emosi adalah keadaan makan yang dilakukan karena perasaan tertentu selain rasa lapar. Bisa jadi Anda melakukan makan untuk menghindari sedih, tertekan, stres, atau kesepian. 

Makanan dipandang sebagai pengalih perhatian yang dapat menenangkan emosi Anda, atau hal lain yang mungkin mengganggu Anda. Sayangnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan tubuh Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan. Sehingga perut perlahan semakin buncit.


3. Malas Olahraga

Kebiasaan malas berolahraga bisa menyebabkan perut membesar dan buncit. Selain itu, terlalu banyak berbaring, duduk, lalu malas berolahraga secara teratur semakin membuat buncit perut Anda. Karena itu, Anda perlu workout agar lemak bisa terbakar di perut dan bagian tubuh lainnya.

Sudah pengetahuan umum kalau olahraga akan menyehatkan tubuh. Selain itu juga memberikan bentuk tubuh ideal. Selain membakar lemak jenuh di perut, Anda akan merasakan seluruh manfaat lainnya.


4. Tidur Tidak Cukup

Anda mungkin perlu berhati-hati jika sering terbangun di tengah malam, baik karena pekerjaan atau jika Anda memang memiliki masalah tidur. Ini karena kurang tidur bisa menjadi kebiasaan yang menyebabkan buncitnya perut. Waktu tidur yang singkat dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Hal ini disebabkan oleh kelebihan lemak perut yang dapat menyebabkan penumpukan pada perut. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan lemak jenuh di perut Anda. Cukupi kebutuhan tidur dan hindari begadang.


5. Kurang Minum

Minum banyak air sangat penting dalam menjaga berat badan ideal. Meningkatkan asupan air dapat mempercepat proses pembakaran lemak sebagai energi. Di sisi lain, jarang minum dapat menyebabkan distensi lambung. 

Air yang cukup dapat memperlancar metabolisme dan mencegah lemak menumpuk. Beberapa ahli berpendapat bahwa air dapat meningkatkan jumlah sel yang berperan penting dalam metabolisme lemak. Meski demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut.


Menjaga tubuh ideal adalah salah satu upaya hidup sehat. Selain informasi di atas, Anda dapat menemukan artikel tentang kesehatan lainnya di Orami. Temukan beragam artikel bermanfaat untuk Anda terapkan sehari-hari.


Baca Juga
> Jual joystick wireless dan aksesoris gaming lainnya



Newest Post