--> Skip to main content

Apakah PES Mobile Boros Kuota? Inilah Penjelasannya


Game mobile saat ini memang sedang menjadi trend dan banyak dimainkan hampir oleh setiap pengguna smartphone. Jenis game mobile online pun terus dikembangkan setiap tahunnya. Genre permainannya juga semakin beragam karena banyak diantara games mobile tersebut yang diadaptasi dari game PC. Salah satunya adalah PES (Pro Evolution Soccer). Game online yang biasanya dimainkan di komputer atau PC ini kini sudah bisa Anda nikmati di smartphone. Namun ketika diadaptasi menjadi game mobile, banyak penggemar game ini yang bertanya apakah PES Mobile boros kuota? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.


apakah pes mobile boros kuota, apa penyebab dan alasannya
Penyebab PES Mobile boros kuota


Menjawab Pertanyaan Apakah PES Mobile Boros Kuota?

Pro Evolution Soccer adalah game sepak bola console yang sudah dimainkan sejak beberapa tahun lalu. Belakangan, sang pengembang game mulai mengembangkan PES dengan versi mobile sehingga membuat penggemar game ini bisa memainkan game favouritnya kapan saja dan dimana saja. Ketika dimainkan dalam versi console, game ini sering membuat penggunanya bertanya, apakah PES Mobile boros kuota? Penggunaan data kuota untuk bermain game ini sebenarnya tidak dipengaruhi oleh lamanya durasi permainan.

Penggunaan data kuota pada game online sebenarnya tidak berdasarkan pada lama bermain game itu. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penggunaan data kuota yang besar. Inilah yang membuat kuota data Anda cepat habis.

Apa saja aspek atau faktor yang menghabiskan kuota data saat bermain game online?


1. Jumlah pemain

Game online mobile kebanyakan dimainkan secara tim atau battle, artinya Anda tidak bisa bermain sendiri, meskipun ada juga beberapa jenis game yang bisa dimainkan secara individual. Nah, semakin banyak pemain yang bergabung di dalam game tersebut, maka semakin banyak pula konsumsi kuota data yang bisa dihabiskan. Sedangkan untuk PES sendiri, karena dimainkan secara berkelompok namun jumlah pemainnya tidak sebanyak permainan online lain bergenre battle royale, maka penggunaan datanya juga tidak sebanyak game online lain.


2. Fitur Chatting dan Multimedia

Aspek lainnya yang juga bisa menyebabkan boros penggunaan data adalah fitur lain yang terdapat di dalam game. Untuk jenis game yang dimainkan secara berkelompok, biasanya akan disediakan fitur chatting yang akan memudahkan Anda berkomunikasi dengan pemain lain, baik yang tergabung dalam satu team maupun tim musuh. Nah, fitur inilah yang membuat penggunaan data lebih banyak tersedot ketika dimainkan.


3. Downloadable Content (DLC)

Ini adalah hal terakhir yang menghabiskan pemakaian data terbesar dalam permainan online. DLC ini adalah fitur atau konten-konten lain di dalam game yang sifatnya downloadble atau mudah didownload. Fitur ini pasti ada di semua jenis game online. Ketika Anda login untuk bermain dan terkoneksi ke jaringan internet, maka konten-konten inilah yang akan otomatis terdownload. Karena adanya konten-konten yang otomatis terdownload ini, secara tidak sadar kuota data juga akan berkurang.

Untuk menjawab pertanyaan apakah PES mobile boros kuota?

Jawabannya bergantung pada konten dan fitur downloadable yang ada di dalam game itu sendiri.


Jika melihat dari update terbaru dari game PES ini, ada berbagai fitur tambahan yang ditambahkan di dalam game. Maka kemungkinan besar game ini bisa memakan kuota data Anda lebih banyak dibandingkan dengan game versi lamanya.

Setiap game online atau mobile memiliki fitur dan karakter yang berbeda-beda. Seperti misalnya game PES mobile yang sudah diluncurkan sejak tahun 2018 dan akan diupdate lagi pada tahun 2020 nanti. Namun untuk menyambut update tersebut, banyak yang bertanya apakah PES mobile boros kuota?

Nah, penjelasan di atas semoga bisa membantu menjawab pertanyaan Anda tersebut. (gk)

Baca Juga