Skip to main content



Kunjungi channel Saya



Bagaimana Cara Kerja Google Stadia? Berikut Ulasan Lengkapnya!

Accgaming.net - Inovasi terbaru Google yakni Stadia digadang-gadang mampu menggebrak industri game di dunia.

Bagaimana tidak, dengan konsepnya yang cukup "sederhana", pengguna game tak harus memiliki console game / gadget yang mumpuni untuk bisa memainkan game-game berat. Cukup dengan koneksi internet yang stabil, maka segalanya bisa dilakukan dengan simpel.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara kerja Google Stadia tersebut?

Apa "rahasia" dibalik konsep "streaming" game ciptaan Google tersebut?

Simak jawaban dari kedua pertanyaan di atas pada artikel berikut ini.


bagaimana cara kerja Google Stadia itu? streaming video game gratis
Cara kerja Google Stadia


Bagaimana cara kerja Google Stadia?

Industri game yang maju sangat pesat dan tak terbendung membuat raksasa internet Google ikut "terjun" ke industri tersebut. Google pun menunjukkan keseriusannya dalam menggarap teknologi baru di industri game, yakni sebuah layanan streaming video game bernama Google Stadia.

Google Stadia sendiri adalah sebuah layanan cloud gaming (game komputasi awan) yang memungkinkan para playernya bermain game secara streaming. Dengan konsepnya yang streaming, memungkinkan player untuk bermain game tanpa harus memiliki console game serta tak perlu susah-payah menginstal file game ke gadget mereka.


CEO Google, Sundar Pichai pun berkomentar mengenai teknologi baru yang mereka luncurkan itu. Ia menggambarkan bahwa Google Stadia merupakan platform untuk semua orang yang bisa masuk ke semua jenis perangkat.

Layanan streaming video game tersebut memiliki konsep "mengalirkan" game dari cloud computing ke browser Chrome, Chromecast, dan perangkat Pixel (smartphone besutan Google).

Wakil Presiden Google Stadia -- Phil Harrison mengatakan bahwa Google akan memperkuat layanan streaming video game tersebut dengan mengandalkan YouTube. Bahkan sudah banyak developer game yang membuat video teaser game di Google Stadia.

Google pun tak sembarangan meluncurkan teknologi baru. Mereka sebelumnya telah menguji Stadia sebagai Project Stream dalam beberapa bulan sebelumnya, hasilnya para pengguna Chrome bisa melakukan streaming game di browser mereka.

Adapun game yang menjadi "kelinci percobaan" adalah Assassin's Creed Odyssey, yang mana game tersebut merupakan game pertama dan satu-satunya yang diuji secara publik menggunakan teknologi Google Stadia. Tes tersebut pun sudah rampung pada Januari 2019 lalu.


Layanan Google Stadia sifatnya publik, alias tidak terbatas pada satu game saja. Kabarnya Google telah mendemonstrasikan fitur baru di YouTube yang memungkinkan player dapat melihat klip game dari sang pembuat game. Pada klip game tersebut akan tersedia tombol "mainkan sekarang" yang memungkinkan pengguna bisa langsung memainkannya secara streaming.

Phil Harrison menambahkan bahwa Stadia menawarkan akses instan untuk bermain game. Jadi para pengguna tidak harus mengunduh dan menginstall game apapun pada perangkat mereka. Cukup dengan streaming menggunakan koneksi internet yang stabil, game pun bisa dimainkan di berbagai perangkat, seperti laptop, PC, TV, tablet, dan smartphone.

"Kami ingin menggeser orang dari yang hanya tertarik pada game menjadi bermain game. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyatukan dunia menonton dan bermain game," tutup Phil.


Baca juga:

CATAT! Ini dia tanggal peluncuran layanan streaming game Google Stadia



Itulah dia informasi lengkap mengenai cara kerja Google Stadia, layanan streaming video game yang dikembangkan oleh Google.

Pertanyaannya sekarang, apakah kamu berminat dengan teknologi baru tersebut? (fa)


Baca Juga
Tonton video di bawah ini, gameplay terbaru eFootball PES Mobile 2020: